Segera daftarkan pelaporan SPTPD Pajak Hotel dan Pajak Restoran secara online di BPKAD Kab Karangasem, berkenaan dengan adanya tanggap darurat Gunung Agung 2017 bahwa kegiatan perpajakan Daerah berjalan seperti biasa kususnya pelaporan SPTPD seperti (Hotel,Restauran,MBLB,Parkir,Penerangan Jalan dan Hiburan)

    Pajak Daerah merupakan sumber penerimaan daerah yang termasuk pendapatan asli daerah yang mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagaiamana amanat UU 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, daerah dapat memungut potensi daerah melalui pajak. Proses pemungutan pajak daerah pada prinsipnya bersifat selfassesment dan official assessment. Pada sistem selfassesment perlu dilaksanakan pemeriksaan dengan menguji ketaatan kepatuhan wajib pajak. Ketaatan dan kepatuhan Kesadaran wajib pajak perlu diperiksa oleh pemerintah dengan harapan wajib pajak benar-benar taat melaporkan dan membayar pajak.
    Upaya-upaya peningkatan ketaat dan kepatuhan perlu dilakukan untuk menyadarkan wajib pajak akan pentingnya pajak demi pembangunan daerah. Tingkat kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan adalah merupakan tujuan utama dari pemeriksaan pajak, sehingga bagi wajib pajak yang tingkat kepatuhannya tergolong masih rendah, diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan terhadapnya dapat memberikan motivasi positif sehingga masa-masa selanjutnya menjadi lebih baik tingkat kepatuhannya.
    Dalam rangka kegiatan Pemeriksaan Pajak Daerah Tahun 2017 sebagaimana Keputusan Bupati Karangasem No. 505/HK/2017 tentang Pembentukan Tim Pemeriksa Pajak Daerah dan Tim Fasilitator Pajak Daerah Kabupaten Karangasem Tahun 2017, maka telah dilaksanakan rapat koordinasi terkait teknis pemeriksaan pajak daerah khususnya pada pajak hotel dan pajak restoran. Rapat koordinasi tim pemeriksa pajak daerah dipimpim oleh Bapak Sekretaris BPKAD dengan harapan melalui pemeriksaan dapat meningkatkan ketaatan kepatuhan wajib pajak, serta diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Bapak Sekban berharap pemeriksaan ini mempunyai satu persepsi tentang teknis dan sistem pemeriksaan yang disusun pada Standar Pemeriksaan Pajak Daerah. Selain itu, Tim berkerja seoptimal mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga tim bekerja sesuai dengan SOP dan Standar yang telah ditentukan sebagaimana Perbup Karangasem No. 29 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak Daerah.


KEPALA BADAN

I Nengah Mindra, SE., MM.
NIP: 19730319 199803 1 004

POLLING

Bagaimanakah menurut Saudara terhadap pelayanan pada Tempat Pelayanan BPKAD Kabupaten Karangasem?

  • Sangat Memuaskan
  • Memuaskan
  • Cukup Memuaskan
  • Kurang Memuaskan
  • Tidak Memuaskan

Catatan/Pesan Tambahan: